Press ESC to close

Harimau Pemakan Manusia Ditangkap dengan Aman dengan Kandang Logam

Otoritas satwa liar di provinsi Lampung, Indonesia, telah berhasil menjebak seekor harimau sumatera yang bertanggung jawab atas pembunuhan dua warga desa dan melukai dua lainnya selama tiga bulan terakhir.

Harimau tersebut ditangkap menggunakan sangkar besi yang ditempatkan di sebuah lapangan di kawasan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat, menjelang subuh pada Rabu. Untuk menenangkan kucing besar tersebut, petugas satwa liar menutup kandang dengan terpal.

Mengangkut kandang tersebut ke tempat perlindungan darurat membutuhkan upaya polisi, tentara, dan petugas dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Harimau tersebut diyakini menyerang penduduk desa dan ternak. Korban pertama, yang diidentifikasi bernama Gunarso, 47 tahun, ditemukan tewas di distrik tersebut pada malam tanggal 9 Februari. Korban kedua, Sahri bin Saprak, 28 tahun, dianiaya hingga tewas pada tanggal 21 Februari. Dua warga desa lainnya selamat dari serangan, meskipun satu orang menderita. luka parah.

Pihak berwenang membentuk satuan tugas untuk menangkap hidup-hidup harimau yang terancam punah tersebut untuk direlokasi ke fasilitas reservasi di Sumatera.

Alhamdulillah satgas berhasil menangkap harimau tersebut, yang kini akan dirawat oleh TNBBS, kata Letkol Rinto Wijaya, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) Lampung Barat.

Ia mencatat, gugus tugas telah bekerja tanpa kenal lelah selama tiga bulan terakhir untuk melacak harimau dan memasang perangkap di berbagai lokasi.

“Kami menduga harimau ini bertanggung jawab atas serangan fatal terhadap manusia, meski perlu penyelidikan lebih lanjut untuk memastikannya. Berdasarkan wilayah jelajahnya, kami yakin ini adalah harimau pemakan manusia yang selama ini kami buru,” tambah Rinto.

Harimau yang ditangkap akan ditempatkan di pusat rehabilitasi harimau di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

@Katen on Instagram
This error message is only visible to WordPress admins

Error: No feed with the ID 1 found.

Please go to the Instagram Feed settings page to create a feed.