Press ESC to close

PLN, Kementerian mengadakan pelatihan konversi sepeda motor di sekolah-sekolah

Perusahaan Listrik Negara PT PLN dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengadakan pelatihan dan praktik konversi sepeda motor konvensional berbahan bakar bensin menjadi sepeda motor listrik di sekolah menengah kejuruan.

Program tersebut merupakan bentuk dukungan PLN terhadap program konversi sepeda motor pemerintah yang merupakan inisiatif transisi energi di sektor transportasi.

Program pelatihan dan praktik dilaksanakan sepanjang Mei 2024 dengan melibatkan lebih dari 70 guru dan siswa dari sembilan SMK di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Program tersebut bertujuan untuk mengkonversi 160 sepeda motor pada tahap pertama tahun ini.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan PLN di sini, Minggu, menyatakan pihaknya mendukung penuh program konversi sepeda motor yang dicanangkan pemerintah, yang merupakan alternatif bagi masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik dengan nyaman.

“PLN akan sekuat tenaga mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik juga semakin meningkat,” ujarnya.

Terkait konversi tersebut, dia menegaskan, sejak Mei 2024, PLN telah bekerja sama dengan beberapa bengkel kelas A untuk memberikan layanan terpadu konversi sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi kendaraan listrik.

Sasaran program ini tidak hanya sepeda motor milik guru, siswa, dan orang tua siswa saja, namun juga milik masyarakat umum. Masyarakat umum dapat berpartisipasi dengan mendaftar pada SMK yang dipilih.

Meliputi pelatihan konversi bagi guru dan siswa, penyelenggaraan uji tipe dan perubahan surat-surat kendaraan yang dikonversi, serta pemberian layanan pasca konversi dan garansi komponen utama sepeda motor.

Ke depan, selain SMK, PLN berencana menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi, termasuk mengembangkan Institut Teknologi PLN (ITPLN).

Sementara itu, Staf Ahli Menteri ESDM Sripeni Inten Cahyani menyatakan pemerintah terus mendorong transisi energi melalui percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Termasuk menggandeng pemangku kepentingan seperti PLN, perusahaan swasta, dan masyarakat untuk berperan aktif dalam program konversi sepeda motor listrik.

“Pemerintah mengajak korporasi seperti PLN untuk berkolaborasi menarik dan memfasilitasi masyarakat untuk melakukan konversi sepeda motor berbahan bakar bensin ke kendaraan listrik berbasis baterai,” ujarnya.

@Katen on Instagram
This error message is only visible to WordPress admins

Error: No feed with the ID 1 found.

Please go to the Instagram Feed settings page to create a feed.